Menentukan Keyword (Kata Kunci) untuk SMS Autoreply

keyword

Agar pelanggan dapat memperoleh nomor antrian melalui SMS, maka pelanggan perlu untuk mengirimkan SMS berisi Keyword (kata kunci) yang ditujukan ke nomor telepon selular yang terpasang dalam USB modem pada sistem antrian. Keyword (kata kunci) ini ditentukan oleh perusahaan dan dipublikasikan kepada seluruh pelanggan. Sebuah Keyword (kata kunci) hendaknya haruslah mudah untuk diingat oleh pelanggan dan relevan atau dapat mewakili jenis layanan yang dimaksud. Misalkan untuk mengambil nomor antrian jenis layanan Teller, maka kata kunci yang dapat kita tentukan agar mudah diingat oleh pelanggan adalah Reg_Teller. Atau untuk mengambil nomor antrian jenis Customer Service, maka kata kunci yang dapat kita tentukan agar mudah diingat oleh pelanggan adalah Reg_CS. Kata kunci inilah beserta nomor telepon selular dari USB Modem yang harus dipublikasikan kepada pelanggan agar untuk mendapatkan nomor antrian melalui SMS maka pelanggan wajib mengirim SMS ke nomor dan dengan mengetik kata kunci di dalamnya untuk mendapatkan balasan berupa nomor antrian dari sistem antrian QLast.

 Untuk menentukan Keyword (kata kunci) silahkan anda ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Jalankan aplikasi dan login seperti biasa
  2. Setelah tampil form utama, klik tombol Konfigurasi
    form konfigurasi
  3. Pilih pada Jenis Layanan (Kode Antrian) yang akan diganti sehingga kursor aktif pada jenis layanan tersebut. Sebelumnya perlu untuk sahabat ketahui bahwa field Kode Antrian pada grid yang ada dalam form konfigurasi adalah merupakan Keyword (kata kunci) untuk masing-masing jenis layanan.
  4. Klik pada tombol Ganti Kode Antrian (SMS Keyword) yang terletak di samping kanan bagian bawah grid, sehingga tampil kotak isian seperti gambar berikut
    Keyword-sms
  5. Ketik Keyword (kata kunci) yang mudah diingat oleh pelanggan dan relevan atau dapat mewakili jenis layanan misalkan Reg_CS yaitu Keyword untuk mengambil nomor antrian Customer Service. Setelah memasukkan Keyword baru, klik pada tombol OK untuk menyimpannya.
  6. Hasil dari perubahan ini, akan langsung terlihat dalam form konfigurasi pada field Kode Antrian seperti gambar berikut
    Konfirmasi perubahan keyword
  7. Pada gambar di bawah ini, dapat sahabat perhatikan pada field (kolom) Kode Antrian, telah terjadi perubahan yang semula Reg#CS menjadi Reg_CS sesuai dengan yang saya masukkan di atas.
    Hasil Perubahan Keyword
  8. Demikian cara untuk menentukan Keyword. Selanjutnya dapat anda terapkan pada jenis layanan lainnya yang ingin ditentukan Keywordnya.
  9. Setelah Keyword ditentukan, hal yang tidak kalah pentingnya adalah perusahaan perlu untuk melakukan publikasi Keyword (kata kunci) ini kepada publik serta nomor telepon selular untuk layanan SMS Autoreply.