Software Antrian QLast untuk Antrian Pelayanan di Pengadilan Negeri

Antrian Pengadilan

Dengan keterbukaan informasi yang ada di Pengadilan saat ini, masyarakat sangat mudah memperoleh informasi tentang perkara maupun hal lain yang berhubungan dengan Pengadilan tanpa harus datang langsung ke Kantor Pengadilan Negeri setempat. Masyarakat dapat langsung memanfaatkan fasilitas teknologi informasi yang ada untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Walaupun demikian, dengan keterbukaan informasi yang ada dan berbagai macam kemudahan dalam mengakses informasi di Pengadilan, tidak dapat langsung mengurangi jumlah pengunjung yang datang langsung ke Pengadilan karena tidak semua lapisan masyarakat itu melek dengan teknologi. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Pengadilan adalah milik seluruh rakyat Indonesia, Pengadilan adalah milik seluruh lapisan masyarakat, tidak memandang apa latar belakang pendidikan anda, ekonomi, kebudayaan, status sosial, apabila anda berperkara, maka anda membutuhkan Pengadilan. Hal inilah yang menyebabkan Kantor Pengadilan itu tidak akan pernah sepi dari pengunjung. anda tidak percaya? silahkan anda datang ke Kantor Pengadilan terdekat dan anda buktikan sendiri…. tapi jangan datang di hari sabtu atau minggu ya?,… karena pasti mereka libur, kantor ditutup.

Oke,…. oleh karena Kantor Pengadilan itu selalu ramai pengunjung setiap hari, dan semua yang datang tentu mengharapkan untuk dilayani dengan baik secara bergiliran. Puluhan mungkin juga ratusan orang datang di Kantor Pengadilan setiap hari silih berganti dengan keperluan yang beragam, maka dapat dipastikan bahwa pasti akan ada antrian dari orang-orang yang datang tersebut. Antrian pengunjung bukanlah suatu masalah yang utama, melainkan kepentingan serta keluhan-keluhan masyarakat pencari keadilan, pengaduan-pengaduan, kebutuhan akan informasi dan lain sebagainya, itulah sebenarnya yang merupakan fokus utama dari permasalahan yang ada. Akan tetapi, ketika begitu banyaknya orang yang datang dengan keinginan untuk dilayani di saat yang bersamaan, dan antrian yang tidak tertata dengan baik dan jika itu berlangsung secara terus menerus setiap hari, maka bisa jadi hal tersebut dapat berubah menjadi suatu permasalahan tersendiri. Masyarakat yang membutuhkan layanan di Pengadilan akan mulai mencari cara agar bisa diprioritaskan dalam pelayanan, mulai mencari cara untuk meminta bantuan kepada siapa saja yang dapat melancarkan urusannya di sana, mulai mencari cara agar dapat dilayani terlebih dahulu, padahal masalahnya hanya sepele yaitu tidak ingin menunggu lebih lama alias kurang kesabaran menunggu giliran untuk dilayani. Namun akan menjadi lain ceritanya apabila di Kantor Pengadilan itu diterapkan sebuah sistem antrian untuk pelayanan, sehingga tumpukan orang-orang yang datang tersebut bisa terkontrol melalui sistem yang terkomputerisasi. Masyarakat pencari keadilan akan lebih sadar akan budaya antri, tidak saling bersaing untuk mendahului karena setiap pengunjung sudah memegang nomor antriannya masing-masing. Mereka tahu dengan jelas, nomor antrian berapa yang sedang dilayani saat ini, dan mereka bisa memperkirakan kapan nomor antrian mereka akan dipanggil untuk dilayani. dengan demikian maka masalah sepele tersebut (antrian) tetaplah menjadi masalah yang sepele yang tidak perlu dikhawatirkan.

Software Antrian QLast, memang bukan satu-satunya solusi untuk permasalahan antrian, akan tetapi dengan pengalaman kami selama bertahun-tahun mengamati dan bahkan terlibat langsung dalam berbagai macam antrian, sehingga kami mengerti betul karakteristik dari setiap bentuk antrian dan kami selalu punya solusinya.

Ingin implementasi sistem antrian, tapi belum ada anggaran?.. tidak perlu khawatir, ini bukan soal Harga. Software antrian QLast ini kami design dan kami sajikan untuk membantu menata dan memperbaiki permasalahan antrian yang ada di unit pelayanan anda. Kami siap untuk bekerja sama untuk mengatasi permasalahan antrian yang ada di Pengadilan.