Membuat Bot Telegram

Bot Icon

Sistem Antrean QLast menyediakan fitur pengambilan nomor antrean dari aplikasi Telegram. Fitur ini dapat berjalan bukan hanya ditunjang oleh kode program yang ada di perangkat lunak aplikasi QLast saja, akan tetapi juga karena ketersediaan fitur yang ada pada aplikasi telegram yaitu Robot (Bot).

Nah, sebelum kita melakukan update pada aplikasi antrean QLast agar dapat mengambil nomor antrean dari Telegram, maka kita harus membuat Bot-nya terlebih dahulu.

Cara untuk membuat Bot, sangat mudah. Anda dapat membuat Bot dari PC ataupun dari Smartphone Android anda. Saya akan memperagakannya dari PC (menggunakan Telegram for Desktop) dan caranya sama persis dengan jika anda membuat Bot dari Smartphone anda. Silahkan anda ikut langkah-langkahnya berikut ini.

Jalankan Aplikasi Telegram (jika belum ada, silahkan anda install terlebih dahulu).

Telegram-Windows
Tampilan Telegram for Windows Desktop

Pada kotak pencarian di aplikasi Telegram, ketik “BotFather

Pencarian BotFather
Pencarian BotFather

Tap/Pilih BotFather seperti gambar di atas, untuk memulai percakapan pribadi dengan Bot tersebut.

Tab Start
Tab Start untuk memulai

Tap pada tombol Start untuk memulai percakapan. Anda akan mendapatkan respon seperti gambar di bawah ini

BotFather Response
Respon BotFather saat memulai Private Chat

Tap pada “/newbot” dan ketik nama Bot anda (tentukan sendiri) setelah BotFather memberikan respon.

Respon untuk NewBot
Respon untuk /newbot
nama Panggilan untuk Bot
Nama panggilan untuk Bot telah diterima.

Perhatikan bahwa untuk menentukan Username untuk Bot, anda harus memberikan nama (username) dengan akhiran “Bot” di belakannya (lihat baik-baik petunjuk dari BotFather). tentukan nama bot (username) yang belum digunakan oleh orang lain. Apabila berhasil memilih nama yang sesuai, maka anda akan mendapatkan respon seperti gambar berikut

Username Bot Is Valid
Username valid dan anda mendapatkan Token Bot

Gunakan Token API yang tercantum pada respon dari BotFather seperti gambar di atas untuk diintegrasikan dengan program QLast. Harap diingat bahwa kode token tersebut bersifat rahasia karena jika orang lain mendapatkan token tersebut, maka mereka dapat mengendalikan Bot anda.

Sangat mudah bukan?.. selamat mencoba!!..